e-Repository BATAN

Advanced Search

PENGEMBANGAN SISTEM PEMANTAUAN KONDISI PERNAPASAN PASIEN DAN TINGKAT ALIRAN PADA REGULATOR OKSIGEN SISTEM ALIRAN RENDAH BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT)

Arya Nicosa, AN (2020) PENGEMBANGAN SISTEM PEMANTAUAN KONDISI PERNAPASAN PASIEN DAN TINGKAT ALIRAN PADA REGULATOR OKSIGEN SISTEM ALIRAN RENDAH BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT). Diploma thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir - BATAN.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemantauan secara berkala terhadap pengaturan regulator oksigen untuk mengetahui tingkat pernapasan, saturasi oksigen (SpO2) dan tingkat aliran regulator oksigen pada pasien yang sedang menjalani treatment. Hal ini penting untuk dilakukan supaya terhindar dari dampak negatif pemberian terapi oksigen. Kekurangan tenaga keperawatan di rumah sakit menjadi kendala untuk melakukan pemantauan terhadap regulator oksigen yang dipasang pada pasien. Permasalahan ini membuka peluang untuk dilakukan pengembangan sistem pemantauan regulator oksigen dengan memanfaatkan teknologi Internet of Things (IoT) untuk mempermudah perawat mengamati proses treatment terapi oksigen pada pasien dari jarak jauh. Mikrokontrol Arduino Mega 2560 dapat terhubung dengan jaringan WiFi lokal menggunakan modul wifi ESP8266 dan router. Website sistem pemantauan tingkat pernapasan, saturasi oksigen (SpO2) dan tingkat aliran dibangun pada sebuah komputer server di ruang pemantauan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan software Sublime Text 3 dan MySQL dengan software XAMPP diimplementasikan pada prototype sistem monitoring dan kendali Regulator Oksigen Sistem Aliran Rendah untuk Optimasi Tingkat Pernapasan dan SpO2. Website dilengkapi dengan fitur halaman user login, registrasi user, penambahan data pasien & pengguna, perubahan data pasien & pengguna, pencarian pasien & pengguna, dan halaman realtime monitoring terhadap pasien pengguna regulator oksigen. Persentase kegagalan pada uji Loss Connection (LC) pada radius router dan mikrokontroler 3, 5, dan 7 meter adalah masing-masing 0% dengan waktu reconnecting berturut-turut 35.4, 35.6, dan 35.3 sekon; persentase Error Data (ED) sistem sebesar 0%; dan rata-rata Respond Time (RT) atau waktu yang dibutuhkan sistem untuk menerima data dari mikrokontroler dan menampilkan data pada halaman monitoring adalah selama 1,998 sekon. Kata kunci: Internet of Things (IoT), regulator oksigen, saturasi oksigen, tingkat aliran, tingkat pernapasan, website.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Isotop dan Radiasi > Pemanfaatan Isotop dan Radiasi > Bidang Kesehatan
Divisions: Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir
Depositing User: USER STTN BATAN
Date Deposited: 19 Nov 2020 07:16
Last Modified: 19 Nov 2020 07:16
URI: http://repo-nkm.batan.go.id/id/eprint/10177

Actions (login required)

View Item View Item