e-Repository BATAN

Advanced Search

KAJIAN KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP LAYANAN PERPUSTAKAAN PPIN – BATAN

Noer’Aida, Noer’Aida and Irawan, Irawan and Suhendani, Suhendani (2014) KAJIAN KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP LAYANAN PERPUSTAKAAN PPIN – BATAN. In: Presentasi Ilmiah Peneliti Madya/Utama Volume 1, No. 1 Tahun 2010.

[img]
Preview
Text
Kajian kepuasan pemustaka di PAIR Seminar Pengelolaan Perangkat Nuklir dan Pemanfaatan Isotop dan Radiasi.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview

Abstract

KAJIAN KEPUASAN PEMUSTAKA TERHADAP LAYANAN PERPUSTAKAAN PPIN – BATAN. Tujuan dari kajian ini untuk mengetahui tingkat kepuasan pemustaka di lingkungan BATAN terhadap layanan yang telah diberikan perpustakaan PPIN. Metode yang digunakan adalah deskriptif analitis dan metode kuantitatif dengan kuesioner sebagai alat pengumpul data utama. Populasi dalam kajian ini adalah pegawai BATAN yang sudah memanfaatkan layanan sirkulasi 440 orang, sedangkan yang dijadikan sampel 120 orang. Pengolahan data menggunakan Skala Likert. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan,diperoleh hasil kepuasan pemustaka terhadap unsur pelayanan yang diberikan oleh Perpustakaan PPIN sebesar 3,515 dengan kategori puas. Sedangkan kepuasan pemustaka terhadap pelayanan teknis dan administratif sebesar 2,93 dengan kategori cukup puas. Diharapkan, hasil kajian ini dapat meningkatan pelayanan secara keseluruhan dari penilaian puas menjadi sangat puas. Sedang pelayanan teknis dan administratif yang mendapat penilaian cukup puas dapat ditingkatkan menjadi puas atau bahkan sangat puas. Selain itu diperlukan adanya pemberdayaan pustakawan sebagai sumberdaya pengelola perpustakaan dalam melakukan tugas khususnya unsur pelayanan, pembenahan sistem pengelolaan perpustakaan dengan menyeluruh dan dilaksanakan secara periodik agar diperoleh layanan yang optimal. Kata kunci: kepuasaan pemustaka, elayanan perpustakaan, layanan sirkulasi, perpustakaan PPIN sebesar 3,515 dengan kategori puas. Sedangkan kepuasan pemustaka terhadap pelayanan teknis dan administratif sebesar 2,93 dengan kategori cukup puas. Diharapkan, hasil kajian ini dapat meningkatan pelayanan secara keseluruhan dari penilaian puas menjadi sangat puas. Sedang pelayanan teknis dan administratif yang mendapat penilaian cukup puas dapat ditingkatkan menjadi puas atau bahkan sangat puas. Selain itu diperlukan adanya pemberdayaan pustakawan sebagai sumberdaya pengelola perpustakaan dalam melakukan tugas khususnya unsur pelayanan, pembenahan sistem pengelolaan perpustakaan dengan menyeluruh dan dilaksanakan secara periodik agar diperoleh layanan yang optimal. Kata kunci: kepuasaan pemustaka, pelayanan perpustakaan, layanan sirkulasi, perpustakaan PPIN

Item Type: Conference or Workshop Item (Other)
Subjects: Manajemen > Pendayagunaan Informatika > Perpustakaan
Divisions: Pusat Pendayagunaan Informatika dan Kawasan Strategis Nuklir
Depositing User: USER PPIKSN BATAN
Date Deposited: 15 Nov 2018 07:38
Last Modified: 15 Nov 2018 07:38
URI: http://repo-nkm.batan.go.id/id/eprint/4127

Actions (login required)

View Item View Item