e-Repository BATAN

Advanced Search

EVALUASI PERBANDINGAN KINERJA TERMOHIDROLIKA SUB-KANAL TERAS PWR 1000 TIPIKAL DENGAN AP-1000

Suroso, Srs and Sukmanto Dibyo, SD and Muhammad Darwis Isnaini, MDI (2011) EVALUASI PERBANDINGAN KINERJA TERMOHIDROLIKA SUB-KANAL TERAS PWR 1000 TIPIKAL DENGAN AP-1000. EVALUASI PERBANDINGAN KINERJA TERMOHIDROLIKA SUB-KANAL TERAS PWR 1000 TIPIKAL DENGAN AP-1000. pp. 396-405. ISSN 0854-2910

[img]
Preview
Text
28_Suroso dkk-PTRKN-cd.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK EVALUASI PERBANDINGAN KINERJA TERMOHIDROLIKA SUB-KANAL TERAS PWR 1000 TIPIKAL DENGAN AP-1000. Investigasi terhadap karakteristik termohidrolika elemen bakar merupakan langkah penting berkaitan dengan aspek desain teras reaktor. Makalah ini menganalisis termohidrolika sub-kanal elemen bakar AP-1000 dan PWR 1000 menggunakan paket program RELAP5. Pendekatan model sub-kanal lazim dipakai dalam analisis termohidrolika elemen bakar. Paket program RELAP5 dapat digunakan untuk menganalisis karakteristik termohidrolika teras dan sistem reaktor yang dalam analisis sub-kanal ini menggunakan nodalisasi yang terdiri dari model pipa, time dependent junction, time dependent volume dan struktur kalor. Untuk itu, data desain yang terkait dengan parameter termohidrolika dan data geometri sub-kanal dipakai sebagai acuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk validasi pemodelan sub-kanal elemen bakar AP 1000 dan PWR 1000 tipikal dan mendapatkan perbandingan karakteristik termohidrolikanya. Investigasi kondisi steady dilakukan untuk menganalisis data termohidrolika sub-kanal elemen bakar dan simulasi transient untuk mengetahui awal pembangkitan fraksi void dengan cara pengurangan laju aliran pendingin. Hasil analisis meliputi distribusi temperatur aksial kelongsong, temperatur pendingin, heat flux dan fraksi void. Pada kondisi steady, model ini diverifikasi dengan data parameter desain termohidrolika AP-1000 dan PWR 1000 yang mana secara umum telah menunjukkan kesesuaian. Hasil simulasi yang dilakukan terhadap transien laju alir menunjukkan bahwa fraksi void terbentuk lebih dahulu pada PWR 1000 dari pada AP-1000. Hal ini penting untuk dikaji karena berkaitan dengan kondisi keselamatan termohidrolika teras reaktor. Kata kunci: pemodelan sub-kanal, elemen bakar AP-1000, PWR 1000, RELAP5 ABSTRACT COMPARATIVE EVALUATION OF THERMAL-HYDRAULIC PERFORMANCE SUBCHANNEL CORE TYPICAL PWR 1000 WITH AP-1000. Investigation of fuel element thermalhydraulic characteristic is important step related to aspect of reactor core design. This paper analyzes of the AP-1000 and PWR 1000 fuel element sub-channel thermal-hydraulic using RELAP5 code. Discussed on the sub-channel model approach is usual utilized in the fuel element thermalhydraulic analysis. The RELAP5 code could be utilized for analyze the core and reactor system thermal-hydraulic, used the nodalization that consists of pipe model, time dependent junction, time dependent volume and heat structure. Therefore design data relates thermal-hydraulic parameter and sub-channel geometry is applied as references. The purpose of this study is to modeling validation of sub-channel fuel AP 1000 and PWR 1000 typical and to get comparison of thermalhydraulic characteristics. The analysis is carried out in case of steady-state and transient simulation for the coast down flow of coolant. The steady state investigation is used to analyze the sub-channel thermal-hydraulic of fuel and transient simulation to know the beginning of void fraction appear by decreasing of coolant flow rate. The analysis result including axial temperature distribution of cladding, cooling temperature, heat flux and void fractions. In steady condition, the model was verified with the parameter of AP-1000 and PWR 1000 thermal-hydraulic design in which shows a good agreement. Simulation results conducted on the transient flow rate indicates that the void fraction formed earlier on PWR 1000 than that of AP-1000. This is important for assessment in the future because it is relate to the thermal-hydraulic safety condition of the reactor core. Keywords: sub-channel modeling, fuel element of AP-1000, PWR 1000, RELAP5

Item Type: Article
Subjects: Keselamatan dan Keamanan Nuklir
Divisions: Pusat Teknologi dan Keselamatan Reaktor Nuklir
Depositing User: USER PTKRN BATAN
Date Deposited: 12 Nov 2018 09:02
Last Modified: 12 Nov 2018 09:02
URI: http://repo-nkm.batan.go.id/id/eprint/4966

Actions (login required)

View Item View Item