e-Repository BATAN

Advanced Search

IMPLEMENTASI ALGORITMA VIGENERE MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER UNTUK PENGIRIMAN SMS PADA SISTEM PEMANTAU PENGANGKUTAN ZAT RADIOAKTIF

Adi Abimanyu, AA and Nurhidayat,, N and Jumari, J (2013) IMPLEMENTASI ALGORITMA VIGENERE MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER UNTUK PENGIRIMAN SMS PADA SISTEM PEMANTAU PENGANGKUTAN ZAT RADIOAKTIF. In: ~ batan PRO SIDING SEMINAR PENELITIAN DAN PENGELOLAAN PERANGKAT NUKLIR.

[img]
Preview
Text
IMPLEMENTASI ALGORITMA VIGENERE MENGGUNAKAN.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI ALGORITMA VIGENERE MENGGUNAKAN MIKROKONTROLER UNTUK PENGIRIMAN SMS PADA SISTEM PEMANTAU PENGANGKUTAN ZA T RADIOAKTIF. Aspek keselamatan dan keamanan zat radioaktif dari pengirim sampai dengan penerima merupakan hal yang harus dijamin supaya tidak membahayakan manusia. Pada umumnya pemantauan pengangkutan zat radioaktif dilakukan dengan percakapan melalui komunikasi telepon untuk mengetahui lokasi dan laju paparan zat radioaktif. Dari aspek keamanannya, komunikasi percakapan melalui telepon mudah diinterpretasikan oleh orang lain, disamping itu kemungkinan terjadinya human-error cukup tinggi. Layanan SMS dikenal mudah dalam hal penggunaan sehingga layanan SMS dapat digunakan sebagai pengganti percakapan melalui komunikasi telepon untuk memantau laju paparan radiasi dan posisi zat radioaktif dalam pengangkutan zat radioaktif. Sistem pemantau pengangkutan zat radioaktif yang akan dikembangkan mengimplementasi algoritma vigenere menggunakan mikrokontroler untuk mengirimkan SMS (Short Message Service) untuk berkomunikasi. Pengujian yang dilakukan adalah pengujian enkripsi dan deskripsi serta waktu komputasi yang dibutuhkan. Dari hasil pengujian didapatkan bahwa telah berhasil diimplementasikan algoritma vigerene untuk mengenkripsi dan mendeskripsi pesan pada sistem pemantau pengangkutan zat radioaktif dan waktu komputasi yang diperlukan untuk mengenkripsi dan mendeskripsi data adalah 13,05 ms untuk 36 karakter serta 13,61 untuk 37 karakter. Sehingga untuk setiap satu karakter diper/ukan waktu komputasi 0,56 ms.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: Rekayasa Perangkat dan Fasilitas Nuklir
Divisions: Sekolah Tinggi Teknologi Nuklir
Depositing User: USER STTN BATAN
Date Deposited: 16 Nov 2018 03:12
Last Modified: 16 Nov 2018 03:12
URI: http://repo-nkm.batan.go.id/id/eprint/686

Actions (login required)

View Item View Item