e-Repository BATAN

Advanced Search

Identifikasi Batuan Sumber dan Deliniasi Sebaran Endapan Aluvial Mengandung Monasit di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung

Sukadana, I Gde and Indrastomo, Frederikus Dian and Widito, Petrus and Widana, Kurnia Setiawan (2012) Identifikasi Batuan Sumber dan Deliniasi Sebaran Endapan Aluvial Mengandung Monasit di Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. In: Seminar Geologi Nuklir dan Sumber Daya Tambang Tahun 2012, 17 Oktober 2012, Jakarta.

[img]
Preview
Text
PROSIDING_SUKADANA_PTBGN_2012.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Monasit (Ce, La, Th, Y (PO4)) merupakan salah satu mineral yang memiliki nilai ekonomi tinggi karena mengandung unsur radioaktif dan unsur tanah jarang. Di Indonesia mineral monasit terbentuk pada batuan beku asam hingga menengah, batuan malihan derajat sedang hingga tinggi, batuan sedimen terutama batupasir dan endapan alluvial hasil rombakannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui batuan sumber dan endapan aluvial yang mengandung monasit di Kab. Bangka menggunakan metoda pemetaan geologi dan radioaktivitas batuan/soil berskala 1:50.000, dilanjutkan dengan pengambilan conto mineral berat dan batuan untuk analisis geokimia dan petrografi. Geologi daerah Kabupaten Bangka yang tersusun atas Batuan metamorf anggota Pemali Kompleks, Granit Klabat, batupasir Formasi Tanjunggenting dan endapan aluvial. Dari hasil petrografi menunjukkan bahwa granit tersusun atas kwarsa, plagioklas, k-feldspar, muskovit, monasit, zirkon, biotit, serisit, klorit, mineral opak, oksida besi yang merupakan indikasi granit tersebut sebagai batuan sumber. Hasil pengukuran radioaktivitas batuan menunjukkan Satuan Pemali kompleks dengan nilai radioaktivitas 35 – 290 c/s, Satuan Batupasir Tanjunggenting dengan nilai radioaktivitas 40 – 75 c/s, Satuan Granit Klabat dengan nilai radioaktivitas 200 – 600 c/s, satuan lempung-pasir ranggam dengan radioaktivitas 75-125 c/s, dan Satuan Endapan Aluvial dengan nilai radioaktivitas 20 – 200 c/s. Dari hasil pengukuran sebaran batuan diketahui bahwa endapan aluvial yang mengandung monasit adalah endapan aluvial yang berhubungan langsung atau berada di dekat batuan sumber (granit).

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Monasit, batuan sumber, aluvial, Bangka
Subjects: Daur Bahan Bakar Nuklir dan Bahan Maju > Bahan Galian Nuklir > Teknik Eksplorasi Bahan Galian Nuklir
Divisions: Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir
Depositing User: Unnamed user with email kurnias@batan.go.id
Date Deposited: 04 May 2018 10:19
Last Modified: 04 May 2018 10:19
URI: http://repo-nkm.batan.go.id/id/eprint/990

Actions (login required)

View Item View Item